WORMART TERNAK,ULAT HONGKONG Persiapan Budidaya Ulat Hongkong

Persiapan Budidaya Ulat Hongkong



Sebelum kita memulai persiapan budidaya ulat hongkong sebaiknya kita mengetahui apa itu ulat hongkong. Meskipun ulat hongkong ini disebut mealworm tapi ulat hongkong tidak termasuk worm atau cacing.

Ulat hongkong memiliki fase dari telur menjadi larva, kemudian berubah menjadi pupa atau kepompong lalu menjadi kumbang. Ulat hongkong yang dimanfaatkan manusia merupakan fase larva dari kumbang tenebrio moliter.

Selama hidupnya serangga ini terus mencari makan dan berkembang biak. Ulat hongkong dewasa dapat hidup hingga 3-4 cm. Fase hidup ulat hongkong dimulai dari telur yang kemudian berubah menjadi larva dalam kurun waktu 7 hari dan larva akan berubah menjadi kepompong pada saat memasuki usia larva 60-90 hari. Setelah menjadi kepompong dalam waktu 7 hari kepompong atau pupa berubah menjadi kumbang muda dan dalam hitungan satu hari kumbang sudah siap kawin.

Ulat Hongkong

Kandungan ulat hongkong baik untuk hewan maupun manusia karena memiliki kadar protein yang tinggi. Nah sebelum kita melakukan budidaya ulat hongkong, apa saja sih yang harus kita sediakan?

Lokasi

Lokasi budidaya ulat hongkong sangatlah fleksibel dan bisa di lakukan dari berbagai tempat baik dataran rendah maupun dataran tinggi. Namun sebaiknya budidaya di lakukan pada suhu di bawah 25 derajat celcius.

Pemilihan lokasi juga dapat di tengah permukiman karena ulat hongkong tidak menimbulkan bau ataupun suara yang dapat mengganggu lingkungan sekitar.

Tempat Budidaya

Budidaya ulat hongkong bisa dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan rak atau tanpa menggunakan rak (sistem tumpuk). Dengan menggunakan rak dapat mempermudah kerena hanya mengeluarkan dan memasukan kotak budidaya ketika memberikan makan atau penggantian media. Namun kekuranganya adalah investasi yang dibutuhkan lebih besar.

Umumnya kotak terbuat dari rangka berupa kayu dan bagian dasar kotak berupa triplek. Bagian dalam dasar kotak bisa dilapisi dengan cat tembok agar tahan lama. Selama dalam kotak budidaya pastikan tidak dibuat rapat serta tidak terdapat celah di bagian bawah dan sudut kotak sehingga media tidak jatuh dan ulat tidak bisa keluar.

Selain kotak budidaya dibutuhkan juga kitak penfiriman untuk hasil panen. Kotak pengiriman dapat dibuat dengan ukuran 60cmx80cmx6cm yang berisi 6 kg ulat atau 120cmx160cmx6cm untuk isi 12 kg ulat.

Media dan Pakan

Persiapan Budidaya Ulat Hongkong

Media yang digunakan dalam budidaya ulat hongkong adalah polar, yaitu hasil dari penggilingan gandum. Polar merupakan bagian dalam kulit gandum yang mengandung pati dan protein yang tinggi.

Penggunaan polar yaitu sejak perkawinan kumbang sebagai tempat kumbang meletakan telurnya sekaligus sebagai pakan utama kumbang. Selain polar pemberian ampas tahu dan sayuran juga dapat digunakan sebagai tambahan hingga panen. Ampas tahu juga dapat berfungsi sebagai penambah asupan cairan bagi kumbang.

Bibit

Jika semuanya sudah siap maka yang perlu diperlukan adalah bibit yang berkualitas. Bibit yang berkualitas memiliki ciri-ciri kulit yang mengkilap dan aktif bergerak begitu pula kumbangnya. Ketika akan memulai budidaya Anda dapat memberli ulat berumur 4 bulan. Dalam satu bulan, ulat akan menjadi kepompong kemudian menjadi kumbang yang siap berproduksi. Anda dapat melakukan panen setelah 3 bulan pembelian ulat pertama.

Read More :
Jenis Cacing Tanah Yang Di Budidayakan
Media Yang Baik Untuk Budidaya Cacing Tanah
Macam-macam Jenis Ayam Kampung Asli Indonesia

Nah itu dia persiapan yang perlu disiapkan sebelum kita melakukan budidaya ulat hongkong. Selamat berbudidaya !

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of