WORMART SAYURAN Jenis Sayuran dan Bumbu Dapur yang Mudah di Tanam di Rumah

Jenis Sayuran dan Bumbu Dapur yang Mudah di Tanam di Rumah



Sebelum kita memasak untuk keluarga di rumah, tentu kita harus pergi ke pasar atau ke tukang sayur untuk membeli bahan-bahan sayur maupun bumbu dapur yang dibutuhkan. Tapi sebenernya kita bisa saja loh menanam sayur-sayuran dan bumbu dapur untuk keperluan sehari-hari. Selain untuk menghemat pengeluaran belanja, kita juga bisa tau dan menjamin kesehatan sayur yang akan kita makan, hal ini karena kita tidak menggunakan bahan kimia untuk tanaman kita.

Nah apa aja sih sayuran dan bumbu dapur yang mudah di tanam di rumah. Yuk kita bahas:

1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Menanam Bawang

Bukan rahasia lagi jika menanam bawang merah maupun bawang putih itu sangatlah mudah. Cukup taruh bawang di tanah dengan pucuk menghadap ke atas. Dalam waktu dua atau tiga minggu maka tunas akan muncul. Jika ingin cepat maka pilih bawang yang sudah lama berada di dapur atau yang sudah dalam keadaan kering. Biasanya tunas bawang yang terlalu lama di simpan di dapur akan tumbuh tunas dan tinggal di tanam saja. Letakan di tempat yang terkena sinar matahari langsung dan hati-hati dengan air hujan jika tidak mau tanaman menjadi busuk.

2. Tomat

Tomat

Tomat juga sering kali di tanam di sekitar rumah dengan menggunakan pot atau pun polybag. Benih tomat dapat di beli di toko-toko pertanian atau juga dapat langsung menggunakan biji dari tomat. Caranya belah tomat dan ambil bijinya. Lalu semai biji tomat, setelah tumbuh setidaknya lima helai daun tomat bisa di pindahkan ke media tanam dengan menggunakan polybag.

3. Jahe

Jahe

Selain untuk bumbu masak, jahe memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Di Indonesia sendiri tanaman jahe banyak di gunakan sebagai bahan pembuatan jamu atau wedang jahe. Untuk menanam jahe sendiri tidaklah sulit. Cukup letakan saja jahe di tanah maka jahe akan tumbuh dengan sendirinya. Pada saat awal penanaman usahakan jangan terlalu banyak terkena air, karena akan menghambat pertumbuhan jahe. Jika kita banyak menanam jahe bisa saja jahe ini kitu jual dan jadi memiliki nilai ekonomis. Sangat menarik bukan?

4. Kunyit

Kunyit

Sama halnya dengan cara penanaman jahe, untuk menanam kunyit cukup letakan kunyit di tanah. Biarkan selama beberapa hari maka kunyit akan tumbuh dengan sendirinya.

5. Serai

Serai

Untuk menanam serai cukuplah mudah. Anda dapat menggunakan bibit serai yang ada di dapur Anda. Cukup letakan serai yang sudah tua di dalam gelas atau botol yang terisi oleh air. Setelah itu biarkan akar serai tumbuh. Jika daun serai mulai panjang maka akar serai Anda sudah tumbuh. Setelah itu serai siap untuk dipindahkan ke media tanam.

6. Pak Coy dan Sawi

Sawi-sawian

Sebenarnya pak coy termasuk ke dalam sawi-sawian. Sayur yang biasa di gunakan sebagai lalab atau sayur dalam Indomie pun sangat gampang untuk di tanam loh. Selain gampang, pak coy dan sawi-sawian juga termasuk sayur yang cepat untuk di panen. Sehingga kita tidak memerlukan waktu yang lama untuk menikmati hasil sayuran kita.

7. Kangkung

Kangkung

Siapa sih yang tidak mengenal kangkung? Sepertinya seluruh masyarakat Indonesia sangat mengenal kangkung. Kangkung merupakan jenis sayuran yang sangat mudah untuk di tanam. Anda dapat menanam kangkung hanya dengan menggunakan botol bekas dan air. Gampang bukan?

8. Bayam

Bayam

Selain sawi, sayur bayam juga memiliki masa panen yang cepat loh. Anda juga dapat menanam bayam secara hidroponik menggunakan botol bekas untuk menghemat biaya tanam.

9. Cabai

Cabe asli, bukan cabe-cabean

Apa Anda termasuk orang yang gemar makan makanan pedas? Bagaimana rasanya jika Anda tidak bisa makan makanan pedas karena harga cabai yang mahal? Jika Anda merupakan orang yang gemar memakan makanan pedas maka sudah saatnya Anda menanam cabai di rumah. Menanam cabai di rumah tidaklah sulit. Anda dapat langsung menanam biji segala jenis cabai yang ada di dapur Anda. Siapkan tanah di dalam polybag lalu sebarkan biji cabe, sebar biji cabai di polybag lalu tutup biji cabai setinggi 2 cm untuk penyemaian. Siram sehari dua kali agar tunas cepat tumbuh, setelah akar cabai kuat maka pindahkan cabai ke media tanam.

10. Jeruk

Jeruk

Anda juga dapat menanam jeruk di pot atau di pekarangan rumah Anda. Selain buahnya yang dapat di gunakan, daun jeruk pun bisa kita gunakan sebagai penambah citra rasa makanan.

Read More:
Jenis Sayuran Berdasarkan Bagian Tanaman
Cara Mudah Menanam Jahe di Rumah
Hidroponik !! Metode Bercocok Tanam Masa Kini
Senang Dengan Umbi-umbian? Yuk Kita Mulai Menanam Sayuran Umbi

Nah itu dia macam-macam sayur dan bumbu dapur yang mudah untuk di tanam. Bagaimana? Apa Anda mulai tertarik untuk Menanam sayuran dan bumbu dapur di rumah Anda?

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of