WORMART AYAM,TERNAK Kandang Ayam Yang Cocok Untuk Ayam Kesayangan Anda

Kandang Ayam Yang Cocok Untuk Ayam Kesayangan Anda



Apakah Anda memiliki ayam? Bagaimana cara Anda memelihara ayam kesayangan Anda? Nah kali ini kita akan membahas macam-macam sistem pemeliharaan ayam kampung yang cocok untuk ayam kesayangan Anda.

Sistem Pemeliharaan Ekstensif

Sistem pemeliharaan ini sering digunakan oleh masyarakat pedesaan. Pada sistem pemeliharaan ini ayam dibiarkan berkeliaran atau bisa disebut juga diumbar. Sejak pagi ayam kampung akan turun dari tempat peristirahatanya seperti di dahan pohon dan ketika sore hari menjelang malam ayam akan pulang ke rumahnya.

Ayam Umbaran

Jangan khawatir ayam akan hilang, meski jarak jelajah ayam cukup jauh ayam akan selalu ingat jalan untuk pulang ke rumahnya. Ada beberapa keuntungan yang dimiliki jika Anda menerapkan sistem pemeliharaan ini diantaranya modal yang di butuhkan lebih sedikit, ayam lebih sehat karena memiliki ruang gerak yang lebih dan terkena matahari, angka kematian ayam dapat dikurangi, dan hemat tenaga serta pakan.

Sistem ini dapat digunakan sebagai persiapan pengalaman usaha beternak ke ayam yang lebih besar. Namun jika Anda memiliki jumlah ayam yang cukup besar dan bermukim dekat dengan penduduk, sepertinya Anda harus memikirkan ulang untuk menggunakan sistem pemeliharaan ekstensif ini.

Sistem Pemeliharaan Semi Intensif

Produksi dan produktifitas ayam kampung dapat ditingkatkan dengan sistem pemeliharaan semi intensif. Pemeliharaan ayam kampung semi intensif memberikan siklus produksi hingga 6-7 kali lebih tinggi dari pada cara tradisional atau diumbar.

Bagaimana sistem kandang pemeliharaan semi intensif? Pekarangan yang menjadi tempat umbaran ayam diberi pagar agar ayam tidak keluar dari lingkungan rumah pemiliknya. Misalnya lahan umbaran dibuatkan pagar keliling setinggi 2 meter dengan ukuran 3×5 atau 4×5 atau seluas lahan yang tersedia. Kemudian didalam pagar umbaran tersebut di buat kandang ayam dengan ukuran lebar 1.5 meter dengan panjang 5 meter dan tinggi 2 meter lalu di beri atap. Tempat pemberian pakan di letakan di lahan terbuka.

Model perkandangan seperti ini disebut sebagai kandang ranch. dalam satu kandang ranch dapat dipelihara 8 ekor ayam betina dan 1 ekor jantan. Selain kandang untuk ayam dewasa, kandang box untuk anak ayam juga perlu disiapkan karena anak ayam yang baru menetas tidak dibiarkan dalam pengasuhan induknya. Ukuran box dapat di buat dengan besar 30x30x30 cm dan menggunakan lampu pijar 40 watt. Dalam kandang ini dapat diisi 20 ekor anak ayam dan setelah 3 minggu dapat dipelihara di kandang umbaran.

Sistem Pemeliharaan Intensif

Peternakan Ayam

Biasanya sistem pemeliharaan ini digunakan untuk peternak ayam dalam skala yang cukup besar. Pada sistem ini kematian ayam dapat ditekan karena dengan pengandangan ayam dapat diperhatikan tingkat kesehatannya dan sifat buruk ayam seperti kanibalisme dapat dikontrol. Jika Anda menerapkan sistem ini maka Anda dapat menghasilkan telur tetas, telur konsumsi, dan juga usaha ayam pedaging.

Dalam pemeliharaan intensif ayam tidak lagi diumbar di lahan umbaran atau pekarangan tetapi sepenuhnya di dalam kandang. Ayam tidak lagi mencari makan tetapi pakan sudah di sediakan di dalam kandang dan biaya yang dibutuhkan pun akan meningkat. Namun produktivitas ternak pun akan semakin meningkat dan diperoleh keuntungan yang tinggi.

Induk ayam tidak lagi bertugas untuk mengerami telur, semua telur di tetaskan menggunakan mesin penetas. Telur yang di hasilkan biasanya diberi tanda atau kode tertentu lalu dikumpulkan sendiri sebagai telur tetas.

Baca Juga :
Persiapan Budidaya Ulat Hongkong
Budidaya Cacing Untuk Pemula
Cara Mendapatkan Bibit Ayam Kampung Yang Bagus
Macam-macam Jenis Ayam Kampung Asli Indonesia

Nah itu dia macam-macam kandang yang bisa Anda terapkan untuk ayam kesayangan Anda. Bagaimana? Apakah Anda sudah memutuskan?

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of