WORMART JAHE,REMPAH-REMPAH Jenis Jahe : Yuk Kita Berkenalan Dengan Jahe

Jenis Jahe : Yuk Kita Berkenalan Dengan Jahe



Siapa sih di dunia ini yang tidak kenal jahe ? Rasanya semua orang sudah mengenal yang namanya jahe.

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah paling populer dan luas pemanfaatannya baik di dalam dan luar negeri. Tanaman termasuk ke dalam terna atau tanaman yang batangnya lunak karena tidak berbentuk kayu dan merupakan terna tahunan. Akar jahe sendiri berbentuk serabut dengan warna putih sedangkan rimpang jahe tumbuh bercabang-cabang dengan bentuk tebal dan agak melebar.

Rimpang jahe memiliki daging yang berserat agak kasar berwarna kuning hingga kemerahan dengan aroma khas dan rasa pedas. Daun jahe terdiri atas pelepah dan helaian. Bentuk daunnya menyirip dengan panjang 15-23 cm dan lebar 8-15 mm. Bagian atas permukaan daun berbulu putih dan tangkai daun berbulu halus. Jahe sendiri ternyata banyak jenisnya loh.

Namun sebelum kita membahas jenis jahe sebaiknya kita mengetahui manfaat jahe. Sebagian diantaranya untuk menghangatkan tubuh, melancarkan peredaran darah, mengatasi perut kembung, mengatasi demam dan batuk, menghilangkan sakit kepala, mengobati sakit gigi, mengatasi nyeri datang bulan, menurunkan kolesterol, hingga memerangi sel kangker. Nah setelah kita tahu manfaatnya yuk sekarang kita lihat macam-macam jenis jahe.

Jahe Gajah

Jahe Gajah

Kalau kita lihat dari namanya sudah terbayang kalau jahe ini memiliki ukuran yang lebih besar dari jahe lainnya. Bobot satu rumpun jahe yang di panen rata-rata bisa mencapai 150-200 gram. Seratnya lebih sedikit dan lebih halus serta memiliki kandungan minyak atsiri dibandingkan jahe lainnya yaitu sebanyak 0.82-1.66%. Jahe gajah merupakan jahe yang paling banyak peminatnya baik lokal maupun ekspor karena dapat digunakan oleh begitu banyak industri pengolahan jahe. Jahe gajah pada umumnya cocok digunakan sebagai bumbu masak, bahan baku minuman herbal atau diolah sebagai jamu.

Jahe Merah

Jahe merah merupakan jahe yang memiliki citra rasa yang paling pedas. Selain itu jahe merah juga memiliki warna rimpang yang dominan berwarna merah sesuai dengan namanya. Ukuran rimpang jahe merah kecil dan tidak menggembung. Bobot rimpang jahe merah hasil panen berkisar sekitar 0.5-0.7 kg per rumpun. Jahe merah cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat-obatam dalam bentuk pil atau kapsul serta bahan pembuat minuman jahe bentuk serbuk atau wedang jahe.

Jahe Emprit

Teh Jahe

Dikenal juga dengan jahe putih atau kuning kecil. Jahe ini adalah jahe yang memiliki ukuran paling kecil diantara jahe lainnya. Berat rumpun saat panen berkisar 0.5-0.7 kg per rumpun dan umumnya di panen pada saat tua. Rasanya pun lebih pedas dari pada jahe gajah. Jahe ini cocok digunakan sebagai bahan pembuat herbal, bumbu masakan, dan bahan pembuat minyak atsiri karena kandungan minyak nya lebih tinggi dibandingkan jahe yang lain.

Read More:
Cara Mudah Menanam Jahe di Rumah
Jenis Sayuran dan Bumbu Dapur yang Mudah di Tanam di Rumah

Nah itu dia macam-macam jenis jahe. Bagaimana? sudah bisa membedakan ?

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of