WORMART SAYURAN Ini Dia 10 Sayuran Yang Mengandung Protein Tinggi

Ini Dia 10 Sayuran Yang Mengandung Protein Tinggi



Sumber protein yang kita butuhkan dan perlu kita konsumsi terdiri dari sumber protein nabati dan hewani. Protein hewani merupakan protein yang dapat kita peroleh dari hewan seperti telur dan juga daging. Sedangkan untuk protein nabati dapat kita peroleh dari sayur-sayuran. Pengukuran nutrisi dapat kita lihat 100 gram bagian yang dapat dimakan (BDD) dari sayuran itu. Lalu sayuran apa saja kah yang memiliki kandungan protein yang tinggi? Nah ini dia 10 sayuran yang mengandung protein tinggi :

Jamur Kuping

Jamur Kuping

Jamur kuping atau yang sering disebut juga dengan jamur hitam memiliki kadar protein yang sangat tinggi, yaitu sekitar 16 gr. Bahkan menurut situs hallosehat, jamur yang memiliki nama latin Auricularia polytricha ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Contohnya yaitu untuk mencegah penyakit alzheimer, merawat sel-sel tubuh, menjaga berat badan, mencegah anemia, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tauge

Siapa yang tidak tau dengan sayur ini? Sepertinya semua orang sudah tau dengan sayur ini. Sering kali masyarakat Indonesia menggunakan tauge untuk campuran makanan seperti untuk membuat bakwan, soto, dan sayuran. Ternyata walaupun tauge memiliki bentuk yang kecil tetapi tauge memiliki kadar protein yang tinggi loh. Dalam 100 gr tauge terdapat 9 gr kadar protein yang dapat kita konsumsi. Tauge juga terkenal untuk kesuburan loh, selain itu sayur ini juga memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan motabolisme, dan juga menjaga kesehatan jantung.

Daun Lamtoro

Mungkin daun lamtoro jarang terdengar di telinga masyarakat. Namun jika kita menyebutkan petai cina mungkin sebagian orang mengetahuinya. Ya, lamtoro atau yang sering disebut juga petai cina ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Selain buahnya ternyata daun lamtoro juga mengandung protein yang tinggi loh. Daun lamtoro sendiri mengandung 8.3 gr protein disetiap 100 gr daun lamtaro.

Daun Pepaya

Pepaya

Kalau mendengar kata pepaya sepertinya semua orang sudah tidak asing lagi. Kebanyakan orang senang mengkonsumsi buah pepaya, tetapi ada juga yang suka mengkonsumsi daun pepaya. Biasanya daun pepaya ini dimasak untuk oseng atau dijadikan lalaban. Namun siapa sangka selain buahnya yang enak ternyata daun pepaya juga mengandung protein yang tinggi. Kandungan protein daun pepaya sebanyak 8 gram per BDD. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan protein tubuh Anda.

Daun Katuk

Daun katuk atau daun yang memiliki nama ilmiah Sauropus androgynus juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan yang dimiliki adalah sebesar 6.4 gr per BDD. Selain protein yang tinggi daun katuk juga bermanfaat untuk ibu yang sedang menyusui.

Daun Singkong

Daun Singkong

Selain daun katuk, daun singkong juga memiliki kandungan protein yang hampir sama besarnya, yaitu sebesar 6.2 gr per BDD. Biasanya daun singkong digunakan sebagai lalaban. Umbi nya pun dapat kita olah menjadi beberapa makanan seperti tape atau makanan yang berbahan dasar dari singkong.

Jengkol

Ayo siapa hobi dan sangat suka dengan makanan yang satu ini? Bagi Anda yang gemar sekali mengkonsumsi jengkol Anda harus berbahagia karena ternyata meskipun jengkol ini terkenal bau tetapi juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi loh, yaitu sebesar 5.4 gr per BDD.

Petai

Dimana ada jengkol pasti ada petai. Yah sebagian masyarakat Indonesia sangat suka dengan sayur yang satu ini. Sama seperti jengkol yang mengeluarkan bau kurang sedap, ternyata petai memiliki kandungan protein yang sama dengan jengkol. Yaitu sebesar 5.4 gr per BDD.

Daun Kelor

Daun Kelor

Ada yang pernah mendengar kata-kata jika dunia tidak selebar daun kelor? Ya ternyata daun yang sering di sebutkan ini memiliki protein yang cukup tinggi. Kadar protein yang dimiliki yaitu sebesar 5.1 gr per BDD.

Daun Melinjo

Sayuran yang memiliki kadar protein yang tinggi terakhir adalah daun melinjo. Biasanya ibu-ibu menggunakan buah melinjo untuk sayur asem tetapi ternyata daun melinjo juga dapat dimasak dan memiliki kadar protein yang tinggi loh. Kadar protein daun melinjo sendiri yaitu sebesar 5 gr per BDD

Read More :
Jenis Sayuran Berdasarkan Bagian Tanaman
Hidroponik !! Metode Bercocok Tanam Masa Kini
Jenis Sayuran dan Bumbu Dapur yang Mudah di Tanam di Rumah
Senang Dengan Umbi-umbian? Yuk Kita Mulai Menanam Sayuran Umbi

Nah itu dia beberapa sayuran yang memiliki kadar protein yang tinggi dan baik untuk tubuh Anda. Bagaimana? Tertarik untuk mengkonsumsinya?

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of