WORMART AYAM,TERNAK Cara Mendapatkan Bibit Ayam Kampung Yang Bagus

Cara Mendapatkan Bibit Ayam Kampung Yang Bagus



Bagaimana sih cara mendapatkan bibit ayam kampung yang bagus dan produktif? Mungkin untuk yang ingin mulai beternak kita memiliki pertanyaan yang sama, bagaimana cara mendapatkan bibit yang bagus. Karena dalam berternak bibit juga merupakan salah satu kunci kesuksesan dan keberhasilan ternak.

Nah untuk dapat meningkatkan produksi dan mendapatkan bibit ayam kampung yang bagus, maka dapat dilakukan dengan melakukan persilangan antara ayam kampung jantan dan ayam petelur betina. Ayam hasil persilangan ini ada yang menyebutnya sebagai ayam hibrida, tetapi saat ini pasar telah menerimanya dengan sebutan ayam kampung super, atau ayam jawa super.

Ras Ayam Petelur

Bibit yang bagus merupakan jaminan dalam usaha peternakan ayam kampung. Anda bisa mendapatkan bibit ayam kampung sumber dengan beberapa cara, diantaranya:

  1. Membeli bibit DOC dari pengusaha pembibitan. Pengusaha DOC memiliki usaha untuk memproduksi telur tetas dan melakukan penetasan telur. Membeli DOC dari pengusaha pembibitan ayam kampung merupakan cara praktis untuk langsung memulai usaha pembesaran ayam.
  2. Membeli telur tetas dan menetaskan sendiri telur. Jika memilih untuk membeli telur tetas maka harus di pastikan bahwa telur yang dibeli merupakan telur dari ayam ras yang sudah di kawinkan dengan ayam jantan kampung seperti bangkok. Anda juga harus membeli mesin penetas ayam jika ingin membeli telur tetas.
  3. Cara lain untuk mendapatkan ayam jawa super adalah dengan beternak ayam ras petelur dan ayam bangkok jantan. Ayam ini dipelihara secara koloni dengan perbandingan 1 ayam jantan dengan 5-7 ayam betina.

Jika Anda ingin cara yang praktis maka saya sarankan untuk membeli langsung DOC dari peternak yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Sehingga Anda tinggal fokus untuk pembesaran bibit saja. Namun jika Anda ingin membeli DOC maka Anda harus memikirkan investasi awal Anda. Karena dengan membeli DOC maka investasi yang di keluarkan akan sedikit lebih besar jika di bandingkan dengan memperolah bibit dari hasil persilangan indukan.

Read More :
Macam-macam Jenis Ayam Kampung Asli Indonesia
Ingin Beternak? Ini Dia Ternak Yang Menguntungkan dan Tidak Ada Matinya

Namun jika Anda memilih untuk memulai dari indukan maka untuk mendapatkan calon induk dan pejantan yang baik harus memenuhi syarat yaitu:

  1. Berasal dari induk yang produktivitas dan fertilitasnya tinggi
  2. Daya tetas telur tinggi
  3. Umur induk minimal 5 bulan, pejantan minimal 8 bulan.

Nah itu dia cara mendapatkan bibit ayam kampung untuk di ternak. Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk beternak ayam kampung super ?

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of