WORMART CACING,TERNAK Cacing ! Dianggap Menjijikan Tetapi Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kehidupan

Cacing ! Dianggap Menjijikan Tetapi Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kehidupan



Apa sih yang terlintas di dalam pikiran ketika kita mendengar kata “cacing?”. Rata-rata orang akan geli bahkan jijik ketika membayangkan cacing di kepala mereka. Tapi sadar atau tidak bahwa hewan yang di anggap menjijikan ini ternyata memiliki banyak manfaat loh. Bahkan di beberapa negara maju banyak yang memanfaatkan cacing untuk meningkatkan produsi pertanian mereka. Nah apa aja sih manfaatnya? yuk kita bahas apa saja manfaat cacing untuk kehidupan

Pengurai Sisa Makanan

Mengurai Bekas Makanan

Cacing bisa di bilang merupakan sebuah mesin pengurai yang dapat mengurangi sampah organik. Ketika banyak sekali masalah pengolahan limbah sampah, kita bisa nih menggunakan cacing sebagai solusinya. Limbah dapur atau limbah pasar bisa kita berikan untuk cacing sebagai makanan dan tentunya akan menganggulangi permasalahan sampah terlebih untuk di daerah urban.

Penghasil Pupuk Organik

Cacing dan Tanaman

Tau ga sih ternyata cacing bukan hanya dapat menyuburkan tanaman? Tanah atau media bekas cacing tinggal (kascing), ternyata sama-sama memiliki manfaat sebagai pupuk organik pada tanaman. Selain alami tentu pupuk organik bebas bahan kimia sehingga tanaman yang kita makan bisa terjaga dari zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.

Di beberapa negara maju, warga negaranya sudah sadar akan pentingnya makan makanan organik untuk kesehatan. Mereka sangat memperdulikan kesehatan mereka di masa yang akan datang. Di Indonesia sendiri kesadaran untuk menggunakan bahan-bahan alami atau organik masih kurang.

Sebagai Obat Untuk Kesehatan

Photo of medical pills on black background.

Di beberapa negara seperti Indonesia dan China, cacing juga sangat di butuhkan di bidang farmasi dan di gunakan sebagai obat untuk kesehatan, diantaranya menjadi obat tifus, diare, sebagai penyembuh luka, antibakteri, dan untuk melancarkan siklus darah. Salah satu cacing yang dimanfaatkan untuk kesehatan adalah Lumbricus Rubellus yang banyak di budidayakan di Indonesia

Sebagai Pakan Hewan

Pakan Ikan

Jika anda seorang peternak atau petani, cacing juga dapat anda manfaatkan sendiri untuk mengakali dan menekan biaya pakan ternak anda. Cacing merupakan hewan dengan kandungan protein yang sangat tinggi. Di dalam tubuh cacing terdapat 30%-70% kandungan protein tergantung dengan jenis nya. Protein ini sangat baik untuk pertumbuhan hewan ternak seperti lele, ayam, bebek, dan juga dapat di gunakan sebagai pakan burung terlebih jika anda gemar dengan burung kicauan.

Usaha

Pikirkan, Lakukan, Buktikan

Ya, aneh memang ketika mendengar kata budidaya cacing. Tapi jangan salah, di kota Malang bahkan ada salah seorang peternak yang mampu meraup untung hingga ratusan juta dengan budidaya cacing. Bahkan di salah satu desa di Banyuwangi kini warganya pun berbondong-bondong membudidayakan cacing dan dapat meraup omset jutaan rupiah dari cacing. Selain bermain di pasar domestik, banyak peternak yang bermain dan sudah menjual produknya ke pasar Internasional. Seperti para peternak di Bandung.

Read More :
Budidaya Cacing Untuk Pemula
Cara Memberi Makan Cacing Agar Cepat Gemuk
Media Yang Baik Untuk Budidaya Cacing Tanah

Yang harus diingat ketika anda memutuskan untuk menjadi peternak atau budidaya cacing adalah jangan hanya terbawa angin karena mendengar bisa menghasilkan ratusan juta sebulan, tapi niatkan dalam hati dan tetap berusaha. Karena kesuksesan tidak datang dengan sendirinya. Semua butuh proses dan tetap semangat !

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of