WORMART AKUAPONIK Cara BUDIKDAMBER Dengan Mudah !

Cara BUDIKDAMBER Dengan Mudah !



Jika bercocok tanam di lahan yang sempit kita mengetahui metode hidroponik, maka ada juga loh cara budidaya ikan di lahan yang sempit. Budidaya di lahan yang sempit ini dinamakan budikdamber yang artinya budidaya ikan di dalam ember. Dari pengertiannya saja kita sudah tau kan apa itu budikdamber.

Sebenarnya budikdamber sendiri hampir sama dengan aquaponik dimana kita menggunakan kotoran ikan untuk dijadikan nutrisi bagi tumbuhan. Namun karena budidaya ini dilakukan di dalam ember maka disebutlah budikdamber. Nah sekarang apa saja sih yang harus dipersiapkan dalam budikdamber? Yuk kita simak !

1. Ember

Kenapa ember ? Dari namanya saja sudah terlihat. Kita akan melakukan budidaya didalam ember. Budidaya yang dilakukan adalah budidaya ikan dan sayuran. Gunakanlah ember ukuran sedang atau besar agar tergantung jumlah ikan yang akan di besarkan. Isilah ember sebanyak 3/4 air dari volume yang dapat di tampung oleh ember. Jangan lupa untuk di lubangi agar saat hujan air tidak meluap dan ikan pada kabur.

2. Ikan

Ikan Lele

Ikan yang direkomendasikan adalah ikan lele. Ikan lele terkenal sebagai ikan yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan dapat hidup di tempat yang kotor sekalipun. Jika ingin menggunakan jenis ikan yang lain sebaiknya gunakan oksigen untuk membantu sirkulasi udara. Kerapatan ikan dapat disesuaikan dengan volume air dimana setiap satu liter air diisi oleh satu ikan. Jika Anda mengisi air sebanyak lima liter maka jumlah yang dapat di tebar adalah lima ikan.

3. Pot

Anda dapat menggunakan botol bekas untuk menghemat biaya pengeluaran Anda. Gunakan metode rakit apung dan jangan lupa untuk memberi ruang untuk memberi makan ikan.

4. Sayuran

Kangkung

Ada beberapa jenis sayuran yang dapat Anda budidayakan. Namun jika Anda baru memulai dengan Budikdamber maka saya sarankan untuk menanam kangkung.

Read More :
Jenis Ikan Untuk Akuaponik
Hidroponik !! Metode Bercocok Tanam Masa Kini

Nah itu dia bagaimana cara budidaya dengan menggunakan metode budikdamber. Apakah Anda tertarik?

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of