WORMART AYAM,TERNAK Memilih Induk Ayam Agar Mendapatkan Bibit Yang Bagus

Memilih Induk Ayam Agar Mendapatkan Bibit Yang Bagus



Jika kita ingin beternak ayam, tentu kita harus memiliki bibit atau indukan ayam yang bagus. Nah bagaimana sih kita memilih indukan ayam agar dapat mendapatkan bibit ayam yang bagus.

Untuk mengsilkan ayam yang memiliki kualitas bagus tentu ayam yang dijadikan indukan harus sehat, tidak cacat, ukuran tubuh seragam, bulu boleh bermacam-macam yang penting sehat. Warna kaki hitam campur putih, dan kulit berwarna kuning pucat. Bentuk tubuh ayam jantan cenderung lonjong dan pada ayam betina segi empat. Jengger ayam jantan berwarna merah berukuran sedang sedangkan jengger ayam betina berukuran kecil, ada yang tunggal, rose, bergerigi, dan ada juga yang berbentuk kacang. Muka haruslah merah segar.

1. Ayam Kampung

Jika ayam kampung dipelihara secara intensif, berat bobot ayam dewasa jantan bisa mencapai 2.4 kg sedangkan ayam betina 1.5 kg. Umur ayam dewasa untuk bertelur pertama kali yaitu pada umur 148 hari. Bobot telur ayam kampung sebesar 26.2 gram dengan kapasitas produksi 112 butir pertahun.

2. Ayam Kedu

Bobot dewasa ayam ini dapat mencapai 2.5 kg dan ayam betina dewasa mencapai 1.6 kg. Umur telur pertama adalah 138 hari dengan bobot seberat 40 gr. Jumlah telur yang dapat di hasilkan sebanyak 215 butir telur pertahun.

3. Ayam Pelung

Free Range Foraging Chickens at Organic Farm

Ayam pelung merupakan salah satu ayam yang memiliki badan yang besar. Bobot ayam jantan dapat mencapai 4kg dan ayam betina dapat mencapai 2.9 kg. Umumnya ayam ini dapat bertelur ketika ayam sudah mencapai umur 165 hari dengan bobot telur seberat 43 gram. Jumlah telur yang dapat di hasilkan oleh ayam pelung adalah 144 butir telur pertahun.

4. Ayam Merawang

Pada jenis ayam merawang, ayam jantan dapat memiliki bobot seberat 1.88 kg dan ayam betina 1.57 kg. Umur ayam pertama kali dapat bertelur ketika mencapau umur 135 hari dengan bobot telur 38 gram dan produksi telur 190 butir per tahun. Ayam ini merupakan salah satu ayam yang dapat menghasilkan telur yang banyak sehingga cocok untuk di jadikan indukan.

5. Ayam Sentul

Ayam jantan sentul ketika memasuki usia dewasa dapat memiliki bobot seberat 2.2 kg dan ayam betina dapat mencapat berat 1.6 kg. Umur ayam untuk bertelur yaitu ketika ayam telah memasuki umur 135 hari. Bobot telur yang di hasilkan dapat mencapai 41 gram dengan kapasitas telur sebanyak 150 butir telur pertahun.

Read More :
Macam-macam Jenis Ayam Kampung Asli Indonesia
Cara Mendapatkan Bibit Ayam Kampung Yang Bagus

Nah itu dia jenis-jenis ayam yang bisa digunakan untuk indukan ayam kampung. Bagaimana ? sudah siap untuk beternak?

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of